1. Input Device
- Analog :~ Microphone : memasukan suara
~ Video Cam / Web Cam : menangkap gambar / video
~ Video Cam / Web Cam : menangkap gambar / video
- Digital : ~ Scanner : memadai teks / ada juga yang Finger Scan
~ Joy Stick : perangkat input untuk memainkan game
~ Light Pen : digunakan untuk memasukkan data / perintah pada saat menggambar pada aplikasi gambar di komputer
~ Mouse : menggerakan kursor untuk memilih program navigasi yg diinginkan
~ Keyboard : memasukkan data-data berupa huruf, angka dan fungsi
~ Joy Stick : perangkat input untuk memainkan game
~ Light Pen : digunakan untuk memasukkan data / perintah pada saat menggambar pada aplikasi gambar di komputer
~ Mouse : menggerakan kursor untuk memilih program navigasi yg diinginkan
~ Keyboard : memasukkan data-data berupa huruf, angka dan fungsi
2. Proses Device
- CPU : pusat pemrosesan dan kontrol CPU terdiri dari CU ( Control Unit), ALU (Arithmatic Logic Unit) & memory
- CU : menerjemahkan perintah / instruksi secara berurutan, dan meneruskan keseluruh bagian komputer
- ALU : memproses data yg berhubungan dengan penjumlahan seperti penjumlahan, pengurangan, kali, bagi, dan logika
- memory : menyimpan data pada proses aplikasi dan akan dimasukkan kedalam program komputer
3. Output Device
- Audio : ~ Speaker / Headphone / Earphone : perangkat untuk mengeluarkan suara
- Visual : ~ Monitor
* Tabung
* LCD (Light Cristal Device)
* LED (Liquid Emmiti Dioda)
- Report : ~ Printer
* Dotmatrik : dengan cara dipukul dan dibentuk huruf berupa titik-titik kecil oleh jarum, sedangkan dalam mesin tik dapat dibentuk menggunakan pita dengan cara dipukul supaya warna dalam pita tersebut dapat menempel kedalam kertas atau media-media tertentu
* Inkjet : dengan cara memberi warna kedalam celah-celah huruf yg diinginkan dengan tinta atau bisa juga memberi warna kedalam huruf dengan cara membolongi kertas tersebut dan diwarnai dengan pilox
* Laser Jet : sepertri fotocopy, bisa juga dengan menggunakan serbuk dan dibakar dengan menggunakan laser, sehingga dapat menempel membentuk suatu huruf kedalam kertas atau media tertentu
- CU : menerjemahkan perintah / instruksi secara berurutan, dan meneruskan keseluruh bagian komputer
- ALU : memproses data yg berhubungan dengan penjumlahan seperti penjumlahan, pengurangan, kali, bagi, dan logika
- memory : menyimpan data pada proses aplikasi dan akan dimasukkan kedalam program komputer
3. Output Device
- Audio : ~ Speaker / Headphone / Earphone : perangkat untuk mengeluarkan suara
- Visual : ~ Monitor
* Tabung
* LCD (Light Cristal Device)
* LED (Liquid Emmiti Dioda)
- Report : ~ Printer
* Dotmatrik : dengan cara dipukul dan dibentuk huruf berupa titik-titik kecil oleh jarum, sedangkan dalam mesin tik dapat dibentuk menggunakan pita dengan cara dipukul supaya warna dalam pita tersebut dapat menempel kedalam kertas atau media-media tertentu
* Inkjet : dengan cara memberi warna kedalam celah-celah huruf yg diinginkan dengan tinta atau bisa juga memberi warna kedalam huruf dengan cara membolongi kertas tersebut dan diwarnai dengan pilox
* Laser Jet : sepertri fotocopy, bisa juga dengan menggunakan serbuk dan dibakar dengan menggunakan laser, sehingga dapat menempel membentuk suatu huruf kedalam kertas atau media tertentu